Minggu, 09 Desember 2012

The Raid Sukses, Saatnya Wisatawan Belajar Silat!

The Raid Sukses, Saatnya Wisatawan Belajar Silat!

Iko Uwais & Yayan Ruhiyan aktor The Raid (detikFoto)

Iko Uwais & Yayan Ruhiyan aktor The Raid (detikFoto)

Foto Selengkapnya:
Thailand punya Muay Thai, Brazil punya Capoeira, dan kini Indonesia punya Silat untuk menarik wisatawan. Seiring suksesnya film aksi The Raid, terbuka kemungkinan para traveler berwisata untuk belajar Silat di Indonesia.

Kenapa tidak dengan belajar Silat? Di Bangkok, para turis mendatangi sasana tinju untuk belajar Muay Thai. Di Brazil, ada banyak sekolah Capoeira yang bisa diikuti oleh wisatawan.

Hal ini juga yang bisa dikembangkan oleh Indonesia. Menparekraf Mari Elka Pangestu menjelaskan, untuk mengembangkan Silat sebagai daya tarik wisata, bisa saja disiapkan padepokan-padepokan Silat sebagai destinasi wisatawan.

"Nantinya akan ada padepokan juga, yang menjadi tujuan khusus untuk Pencak Silat," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu saat screening film The Raid di XXI Epiwalk, Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/3/2012) malam.

Menjadikan sekolah beladiri sebagai destinasi wisata, menurut Mari sudah lebih dulu dilakukan di China. "Semacam Shaolin Temple di China, tempat orang-orang belajar Kung Fu," tambahnya.

Mari pun menyambut gembira suksesnya film The Raid yang diputar di berbagai negara. Pencak Silat kini berpeluang besar menjadi sport tourism baru di Indonesia, menyusul surfing, arung jerman, dan olahraga lain yang menjadi favorit wisatawan.

"Tentu saja jadi bagian sport tourism, sangat positif untuk mengangkat warisan budaya Indonesia. Orang-orang akan bertanya apa itu Pencak Silat, dan ingin tahu lebih banyak tentang itu," kata Mari.

2 komentar:

  1. KEY WORD:MAWONG LAMPUNG,ULUN LAMPUNG,LAMPUNG MARTIAL ART,PINCAK LAMPUNG,PENCAKSILAT LAMPUNG,BELADIRI SUKU/ETHNIC/ETNIS/ORANG/PRIBUMI LAMPUNG,SILIK LAMPUNG,SILAT LAMPUNG

    BalasHapus