Selasa, 04 Desember 2012

perguruan silat, Gadatala( Gadatala dalam bahasa lampung berarti pukul gong)

3.8.11

SILAT GADATALA LAMPUNG

GADATALA. doc dara
Gadatala dalam bahasa lampung berarti pukul gong. Namun sebagai nama sebuah perguruan silat, Gadatala adalah sebuah akronim dari Gerak Dasar Tari Lampung.  Disebut gerak dasar tari lampung karena gerakan gerakan tari tarian lampung itu memakai langkah silat lampung.
Silat lampug ini disebar luaskan oleh pendekar Belunguh.Ilmu bela diri ini pada awalnya dipakai warga lampung untuk membekali diri untuk menghadapi kondisi alam yang masih rawan. Juga untuk mengusir penjajah belanda pada jaman penjajahan.

Seperti kebanyakan silat dari tanah sumatera, ciri yang paling menonjol adalah tangkapan dan kuncian. Pun di Gadatala ini, tangkapan yang cepat dan kuncian yang mematikan menjadi ciri utamanya. Jika kunci telah terpasang pantang lawan bisa membuka. Ibarat pintu, jika kunci dibuka paksa maka harus ada yang rusak. Begitu pula tubuh manusia.

Secepat apa dan sehebat apa tangkapan dan kuncian Gadatala ini, saksikan di acara pendekar pada hari rabu tanggal 3 agustus 2011 di TRANS7, pukul 23:45 WIB atau setelah acara bukan empat mata.

SAKSIKAN PROGRAM PENDEKAR SETIAP HARI RABU PUKUL 23.30 DI TRANS7

6 comments:

  1. Sangat menarik jurus silat yg diperagakan Perguruan Gadatala. Satu warisan Lampung yang tidak boleh punah.
    Reply
  2. kak coba cari silat psht(persaudaraan setia hati terate)
    Reply
  3. Kok acara pendekar ngk ad lg kak... , sayang banget...
    Reply
  4. iya nih padahal acaranya bagus, kok g tayang lagi yah?.

    berharap banget mw liat silat betawi. Kayak cingkrik sinan, cingkrik goning, tiga serangkai dll

    Silat itu sangat baik untuk perkembangan mental dan membentuk jati diri pemuda seperti kita. Tidak hanya sekedar belajar teknik, tapi juga belajar cara bersikap positif. Banyak nasehat yang bisa dipetik dari mempelajari silat. Belajar cara berpikir cepat tapi tepat, belajar menghormati. dan bagaimana menjadi selaras dengan alam, menyeimbangkan antara kelembutan gerak dan kerasnya gerakan
    Reply
  5. Karena kebijakan manajemen TRANS7 program pendekar berhenti tayang.
    Reply
  6. aku tak setuju silat di indonesia di tayangkan diumum,sebab silat adllh ilmu rahasia
    Reply

1 komentar:

  1. KEY WORD:MAWONG LAMPUNG,mawong lampung,ULUN LAMPUNG,LAMPUNG MARTIAL ART,PINCAK LAMPUNG,PENCAKSILAT LAMPUNG,pencak silat asli lampungBELADIRI SUKU/ETHNIC/ETNIS/ORANG/PRIBUMI LAMPUNG,SILIK LAMPUNG,SILAT LAMPUNG

    BalasHapus