Senin, 15 April 2013

kaitan antara suku LAMPUNG,BATAK,BUGIS

Meski mitologi masyarakat Lampung tidak menyebut Batak, justru mitologi Batak menyebut salah satu garis keturunan mereka melakukan migrasi ke Lampung. Isneini (Lampost, 23 Desember 2007) menulis bahwa masyarakat Batak terdiri dari Raja Batak yang bernama Toba, dengan dua adik bernama Lapung yang bermigrasi ke Lampung dan Sumatera Selatan dan Boni (Bone) yang bermigrasi ke Sulawesi Selatan.

Dalam buku Sejarah Daerah Lampung (1977), disebutkan bahwa orang Lampung adalah keturunan Ompu Silamponge (Silamponga) yang melakukan migrasi dari Tanah Batak setelah terjadinya gunung meletus yang mengakibatkan terbentuknya Danau Toba. Ompu Silamponge beserta rombongan berlayar dan terdampar di Pantai Krui. Mereka kemudian mendaki Gunung Pesagi, sebagian rombongan menuju Rejang Lebong dan Komering, sebagian lagi menetap di Sekala Brak. Asal kata Lampung diduga berasal dari nama Ompu Silamponge. Dugaan keterkaitan antara Batak dengan Lampung dapat dilacak dari beberapa kesamaan bentuk Aksara Batak dengan Aksara Lampung serta kesamaan sejumlah kata dalam Bahasa Batak dan Bahasa lampung. Meskipun kesamaan ini dapat diartikan bukan saling memengaruhi, tapi karena sama-sama berasal dari sumber aksara dan bahasa yang sama dan kemudian berkembang di wilayah masing-masing.

2 komentar:

  1. Kami sudah lama mencari tulisan,artikel yang membahas keterkaitan suku lampung,suku batak, dan suku bugis,namun sulit menemukan nya. Karena cerita dari orang orang tua(kakek nenek) baik yang suku lampung,batak maupun bugis mengatakan hal yang sama,dari bahasa,adat,dan beberapa jenis makanan.yang kami ketahuai hanya dari cerita dari kakek nenek saja.
    Kami sebagai putra asli lampung ingin juga mengetahuai sejarahnya.

    adakah referensi yang bisa jadi acuan..terima kasih

    BalasHapus
  2. Jadi kalian lampung tuh adalah ade kami batak.kita harus akur.masa kk y di ganggu??? Akur brother .salam persaudaran.

    BalasHapus